Assalamualaikum, Sugeng Dalu teman teman hebat.
Apa kabar ? pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang topik Merdeka Belajar.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Merdeka mempunyai makna bebas, berdiri sendiri, leluasa dan tidak terikat sedangkan belajar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai makna berusaha memperoleh ilmu, maka merdeka belajar memiliki konsep bahwa seseorang yang belajar mandiri bukan diperintah oleh guru atau orang tua karena dia menyadari bahwa belajar merupakan kebutuhan individu tersebut.
Menurut Ki Hajar Dewantara (KHD) "manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak bergantung pada orang lain "
Berikut ini beberapa hal penting dalam pemahaman Merdeka belajar
Modul 1 : Mengenali Dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Kita tentu mengharapkan murid kita kelak menjadi pribadi yang mandiri dan merdeka , maka tentunya penting untuk mereka mengenali diri sendiri , mampu menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya yang sesuai dan kontekstual terhadap diri dan lingkungannya.
Dan langkah awal kita sebagai pendidik bagaimana memaknai dan menghayati diri sendiri menjadi manusia yang merdeka dan manusia pembelajar. Sebagai pendidik tentu sudah seharusnya kita mampu mengenali karateristik dan kebutuhan peserta didik, akan tetapi kebutuhan yang paling mendasar guru juga harus terpenuhi memulai dari mengenali diri sendiri dan memahami peran kita sebagai seorang pendidik. Sekecil apapun ajaran kita akan berkontribusi pada kecakapan hidup murid pada saat dewasa. suatu hari anak anak didik kita akan menjadi bagian dari masyarakat maka boleh disimpulkan mendidik anak sama dengan mendidik rakyat. bagaimana kita mendidik murid saat ini akan membentuk kebudayaan masyarakat di masa depan.
Pendidikan bergerak secara dinamis menyesuaikan keadaan, mendampingi murid secara utuh dan menyeluruh berarti guru harus mengajar muridnya sesuai dengan kodrat keadaan yaitu kodrat alam dan kodrat zaman, sebagai contoh murid jaman now adalah generasi digital native. generasi yang fasih berselancar di internet untuk mencari pengetahuan ataupun keterampilan yang dibutuhkan, maka para pendidikpun harus ikut adaptif dalam perubahan. Cara mendidik dan mengajarpun perlu disesuaikan dengan jaman. guru dapat merancamg pembelajaran yang berkelanjutan sesuai dengan asas trikon yang disampaikan KHD yaitu kontinu, konvergen dan konsentris.
Modul 4 : Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Budi pekerti merupakan hasil bersatunya gerak pikiran, perasaan dan kehendak sehingga menimbulkan suatu tenaga, budi pekerti juga merupakan perpaduan antara cipta, rasa dan karsa. Dan keluarga adalah tempat yang paling utama dalam membentuk budi pekerti anak. Sebagai pendidik disekolah, guru ikut serta dalam membantu murid menemukan kecerdasan budi pekertinya. Murid yang memiliki budi pekerti akan senantiasa memikirkan , merasakan dan mempertimbangkan setiap perilaku yang ditampilkannya. Sebagai guru tugas kita adalah menyamarkan watak yang kurang baik, menuntun untuk menemukan dan menebalkan watak yang baik sehingga akan mewujudkan murid dengan kepribadian dan budi pekerti yang baik.
Modul 5 : Pendidikan yang mengantarkan Keselamatan dan kebahagiaan
Sebagai pendidik, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja, tetapi juga mendorong murid untuk menemukan pemahaman yang bermakna yang relevan dengan kehidupannya. guru perlu memberi pemahaman tentang fungsi dan kegunaan materi pembelajaran tersebut dalam kehidupan nyata.
Tujuan pendidikan adalah mengantarkan murid untuk siap hidup dan mampu mengisi jamannya. yaitu mereka tidak hanya memikirkan kepentingan dirinya saja, tetapi juga memberikan kontribusi dilingkungan masyarakat tempat dia hidup.
Terima Kasih
ARRY
Mohon bantuan bapak/ ibu untuk mengisi Gform berikut ini sebagai umpan balik menyebarkan pemahaman "merdeka belajar". terima kasih lagi.
https://forms.gle/kJcpkc6Sg5hpEjf19
Setelah membaca artikel ini saya jadi lebih paham tentang makna merdeka belajar bahwa pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
BalasHapus